Minggu, 06 Desember 2009

City Vs Chelsea, Bukan Soal Uang Semata


Manchester, (tvOne)

Manchester City sukses menggeser Chelsea di musim ini. Tapi bukan soal peringkat klasemen melainkan status sebagai tim paling jor-joran dalam urusan belanja pemain. Pada musim transfer kemarin, City menghabiskan 118 juta pounds atau Rp 1,9 triliun untuk mendatangkan Emmanuel Adebayor, Gareth Barry, Roque Santa Cruz, Kolo Toure, dan Carlos Tevez. Bandingkan dengan Chelsea yang seret belanja di awal musim ini.

Status kedua tim kembali diuji di akhir pekan ini. Tapi kali ini untuk urusan kelas bukan semata urusan kas. Big Match Liga Inggris pada pekan ke-15 ini mempertemukan Manchester City dengan Chelsea di City of Manchester Stadium yang disiarkan langsung tvOne Sabtu (5/12) pukul 21.30 WIB.

City memang sukses menggeser The Blues Chelsea dalam urusan belanja pemain. Namun untuk peringkat klasemen, tim biru langit ini harus lebih banyak belajar dari Chelsea. Tanpa kucuran dana besar, Chelsea hanya mengandalkan muka-muka lama. Namun di bawah racikan sang pelatih Carlo Ancelotti, Chelsea mampu memimpin klasemen Liga Inggris hingga pekan ini.

Pada lini depan Chelsea akan menggandalkan Duet Drogba-Anelka, yang akan mencoba memborbardir gawang City yang dikawal Shay Given. Sementara lini tengah dan belakang yang semakin solid, akan menyulitkan Robinho dan kawan kawan menembus gawang Peter Cech.

Namun, Chelsea tidak bisa menurunkan Strikernya Salomon Kalou, yang bermain penuh 120 menit melawan Blackburn di Ewood Park karena cidera, bukan hanya absen lawan The Citizens. Ia juga dipastikan tak berlaga di laga Liga Champions, kontra Apoel Nicosia, Selasa (8/12).

Sebaliknya City, lewat nahkodanya Mark Hughes menghadapi ujian berat saat berjumpa Chelsea, ia harus memaksa kemenangan dengan memainkan pemain-pemain andalannya. Meski berlaga di kandang sendiri namun catatan sejarah tak berpihak kepada mereka, karena dari delapan pertemuan terakhir City tak pernah mencuri satu poin pun dari The Blues.

Hughes tentunya tak ingin skuadnya dinilai hanya berdasarkan materi semata, target untuk mematahkan The Big Four Liga Inggris, bisa realistis dengan diawali mengalahkan salah satu anggota empat besar, yaitu Chelsea di laga nanti. Kemenangan sangat penting untuk menyodok peringkat Aston Villa, yang hanya berselisih satu poin di peringkat enam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar