Kamis, 24 Desember 2009

Lampard Terbaik dalam 10 Tahun

London - Banyak pesepakbola papan atas dunia datang dan pergi dari Premier League dalam 10 tahun terakhir. Namun berdasarkan catatan statistik, pemain terbaik dalam satu dekade terakhir adalah Frank Lampard.

Diberitakan TheSun, penetapan Lampard sebagai pesepakbola terbaik Liga Inggris dalam 10 tahun terakhir didasari oleh beberapa catatan fantastis yang dibuatnya.

Tiga kriteria yang membuat Lampard berhak dapat penghargaan tersebut adalah jumlah pertandingan terbanyak, jumlah kemenangan terbanyak, assist terbanyak kedua serta jumlah gol terbanyak keempat. Semua itu diraih Lampard terhitung sejak 1 Januari 2000.

Dalam jumlah pertandingan yang dilakoni, gelandang Chelsea itu sudah menjalani 346 laga Liga Inggris, atau lima laga lebih banyak dibanding penghuni posisi kedua yang ditempati bek Liverpool, Jamie Carragher.

Dari jumlah 346 pertandingan tersebut, 210 di antaranya berakhir dengan kemenangan. Hasil tersebut membuat Lampard menjadi pesepakbola yang meraih paling banyak kemenangan dalam 10 tahun ke belakang.

Meski berposisi sebagai gelandang, torehan gol Lampard juga sangat luar biasa karena dia berhasik duduk di posisi empat top skorer dengan 100 gol yang dilesakkan. Pemain tersubur dalam kurun tersebut adalah Theirry Henry yang bikin 169 gol buat Arsenal.

Sementara soal assist, Lampard harus mengakui keunggulan Ryan Giggs. Winger Manchester United itu berada di posisi teratas daftar pemberi umpan terbanyak, mengalahkan Lampard yang berada di posisi dua dengan jumlah 76 assist.

Kalau ada yang pantas ikut merayakan sukses Lampard tersebut, maka Claudio Ranieri adalah orangnya. Pelatih asal Italia lah yang membawa Lampard muda dari West Ham United ke Stamford Bridge pada tahun 2001 lalu dengan harga 11 juta poundsterling.

"Kabar ini memberikan saya kepuasan besar dan juga kebanggan karena Frank Lampard benar-benar pemain yang unik. Dia pemain yang komplet dan profesional. Tak mengejutkan jika dia terpilih sebagai pemain terbaik berdasarkan statistik," sahut Ranieri.



-detik-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar